Selasa, 15 Mei 2012

Quality control


QC  di Kimia


1. QC Mindray
                “Serum control yang digunakan bernama spintrol. Serum control harus disimpan di dalam freezer dan Quality Control dilakukan setiap pagi. “
1)      Keluarkan serum control dari freezer, disimpan dulu selama 10 menit.
2)      Kemudian dilarutkan dengan aquabidest sebanyak 5 ml (memakai pipet volume)
 Digoyang-goyangkan sampai homogen (jangan dikocok), simpan 5 menit.
3)      Setelah disimpan, goyang-goyangkan lagi, lalu bagi-bagikan di cup kecil.
4)      Ambil satu cup, masukkan ke dalam tabung, diamkan 30 menit. (Alat dalam posisi ready)
5)      Serum control masukkan ke dalam rak sampel di posisi yang sudah ditentukan.
6)      Melakukan QC.
 - Klik parameter yang akan di QC
 - Klik OK. (running)
 - Tunggu sampai hasil QC keluar
 - Hasil samakan dengan Range 2 SD
 - Hasil yang sudah ada, lihat di buku QC (ini untuk mengecek ada tren atau tidak)

2. QC untuk Elektrolit
1)      Hidupkan alat
2)      Siapkan serum control
3)      Masukkan 200 µl ke dalam tabung khusus elektrolit
4)      Lalu masukkan ke dalam alat
5)      Tekan test
6)      Tunggu hingga hasil QC keluar

"Materi ini didapat dari pembimbing saat aku PKL di Rumah Sakit. Terima kasih" 

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, dan di akhir acara saya ingin mempersembahkan sebuah lagu, “DoReMi”. Lagu ini khusus buat teman-teman yang mau tes. Ayo, nyanyikan bersama-sama…!! 
Do – Do’akan aku ujian
Re – Relakan aku belajar
Mi – Misalnya aku remidi
Fa – Fastikan ku tetap tersenyum
So – Soal nyontek sudah biasa
La – Lama-lama ketagihan
Si – Siapa yang mau jujur
Do – Do’aku untukmu slalu..

..^_^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar